Cara Tambah Domain & Subdomain melalui SSH

Cara menambah akun domain atau subdomain menggunakan perintah SSH/ SSH command dengan putty pada VPS cPanel/WHM.

Pernahkah suatu ketika anda mengelola VPS menggunakan cPanel tanpa lisensi berbayar alias trial? Jika iya, tentu ketika masa trial cPanel telah habis anda tidak dapat menambahkan/ add domain dan subdomain melalui halaman interface cPanel/ WHM.

Perintah SSH untuk menambah domain dan subdomain

Cara untuk menambahkan domain dan subdomain melalui SSH command dengan software putty dapat dilakukan sebagai alternatif membeli lisensi cPanel/WHM, perintah/ command yang kita gunakan adalah command "wwwacct", secara garis besar perintah lengkapnya seperti dibawah ini;

wwwacct <domain> <user> <pass> <quota> <cpmod[advanced/?]> <ip[y/n]> <cgi[y/n]> <frontpage[y/n]> <maxftp> <maxsql> <maxpop> <maxlst> <maxsub> <bwlimit> <hasshell[y]/[n]> <owner> <plan> <maxpark> <maxaddon> <featurelist> <contactemail> <use_registered_nameservers> <language>
tambah domain dengan ssh

Cara menuliskan command pada SSH software untuk menambah domain sebagai berikut;

1). login SSH menggunakan putty sebagai root
2). ketik /scripts/wwwacct domainanda.com domainanda passwordanda 1000 advanced n y n 5 5 5 5 5 30000 n root 5 5 email@anda.com
 ( angka 1000 pada perintah diatas saya maksudkan sebagai quota, angka 5 berurutan saya maksudkan sebagai maxftp, maxsql, maxpop, maxlst dan maxsub. Kemudian andka 30000 saya maksudkan sebagai bandwidth limit atau bwlimit. Kemudian angka 5 lagi berurutan saya maksudkan sebagai maxpark dan maxaddon, lalu email@anda.com saya maksudkan sebagai contactemail yang dapat berfungsi menerima pemberitahuan jika domain anda ditambahkan lengkap dengan detail login cPanel).
Memang sedikit berbeda dengan perintah secara garis besar diatas, namun pengalaman saya ini berhasil tanpa ada masalah sama sekali.

3). Setelah anda ketikan perintah seperti nomor 2 diatas lalu tekan enter, maka akan muncul pertanyaan This ok? silahkan ketik y dan enter. Maka domain anda sudah berhasil ditambahkan dengan sukses.

Perintah SSH untuk menambah subdomain

Sedangkan perintah atau command SSH untuk menambah subdomain mengguanakn software putty adalah sama hanya saja untuk domainanda.com silahkan diganti dengan subdomainanda untuk user dan password terserah.

0 komentar:

Posting Komentar