Cara Import dan Export MYSQL Database melalui SSH

Cara import dan export database MYSQL atau dump mysql database website atau blog menggunakan perintah ssh/ command SSH dengan software putty.


Import database melalui SSH hanya dapat dilakukan jika nama database sudah ada di server, lihat 
postingan saya mengenai cara buat database mysql menggunakan ssh command/ perintah ssh. Dan yang harus diingat adalah nama Mysql Database nya yang harus sama dengan yang ada diserver, bukan nama file .sql nya.
contohnya: Jika database yang ada di server adalah db_name maka nama database pada file sql yang kita import juga harus db_name meskipun filenya kita berinama file.sql. Lihat gambar dibawah ini!
dumping databse melalui perintah ssh

Berikut ini cara dan tips import database MYSQL dari komputer melalui SSH ke server VPS


1. Siapkan database anda, misal db_name.sql kemudian upload file db_name.sql menggunakan filezilla atau yang lain. Upload file db_name.sql tersebut ke direktori public_html dari domain anda.
2. login SSH menggunakan putty
3. ketik cd /home/userdomainanda/public_html
    (userdomainanda adalah username anda untuk login cPanel)
 4. Kemudian garis besar perintah yang digunakan adalah:
        mysql -p -u username database_name < file.sql
     Silahkan ketikan : mysql -p -u username database_name < db_name.sql
     Username dan database name mengacu pada user dan database name saat membuat database.
Database dari localhost anda sekarang sudah sukses diimport ke server menggunakan perintah SSH dengan software putty. Untuk melakukan export database dari server yang kemudian akan kita simpan di komputer kita silahkan baca tipsnya di bawah ini.

Cara export/ dump MYSQL database menggunakan putty melalui SSH command

1. Login SSH menggunakan putty
2. ketik perintah:  cd /var/lib/mysql lalu tekan enter
3. ketik dir untuk melihat folder database yang akan anda export.
4. setelah menemukan nama database yang ingin anda export, jalankan perintah berikut ini:
      mysqldump -u username -p database_name > dbname.sql (Anda akan di minta password, isikan password untuk username dan enter).
Sebelumnya silahkan sesuaikan username, password dan database_name dengan MYSQL username, password dan database_name anda. Jika anda tidak mengubah dbname.sql maka database anda akan berada di file SQL dengan nama dbname.sql. dbname dapat anda ganti sesuai keinginan anda.

Selanjutnya copy dbname.sql ke folder public_html domain anda agar dapat didownload melalui browser, dengan cara jalankan perintah : ( sesuaikan username dengan user domain anda)
 cp -a dbname.sql /home/username/public_html 

cd /home/username/public_html
chmod 0777 dbname.sql

Sekarang download database anda dengan cara ketik dibrowser domainanda.com/dbname.sql, dan setelah selesai hapus saja dbname.sql yang berada di folder public_html melalui SSH degan perintah
 rm -rf dbname.sql (dengan catatan anda masih berada didirektori public_html). Atau anda bisa jalankan perintah ini dulu : cd /home/username/public_html.

0 komentar:

Posting Komentar